Dikepung 3 Kabupaten Zona Merah Covid-19, Bondowoso ‘Siaga’

Peta Sebaran Covid-19 Jawa Timur
Peta Sebaran Covid-19 di Jawa Timur per-31 Maret 2020 (twitter/JatimPemprov)

Terkini.id, Bondowoso Berdasarkan Peta Sebaran Covid-19 di Jawa Timur per-tanggal 31 Maret 2020, Bondowoso tepat berada di tengah diantara tiga Kabupaten zona merah wabah corona yakni Jember, Situbondo, dan Banyuwangi.

Sementara itu, Bondowoso masuk zona orange, dimana ada satu pasien dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Tidak ingin kecolongan, Forum Pemerintah Daerah (Forpimda) membuat sejumlah antisipasi pencegahan agar tidak ada carrier virus corona masuk ke Bondowoso.

Setidaknya ada 6 langkah yang dilakukan, yaitu :

Peta Persebaran Covid-19 Kabupaten Bondowoso
Peta Persebaran Covid-19 Kabupaten Bondowoso per-tanggal 31 Maret 2020 (dinkes.bondowosokab.go.id)

Pertama, memperketat pengawasan pada titik akses masuk penumpang luar kota ke Bondowoso.

Baca juga:

Dilakukan dengan mendirikan posko observasi gabungan di terminal Bondowoso. Setiap penumpang datang harus melalui prosedur observasi dengan cuci tangan, masuk bilik disinfektan, dan pengukuran suhu tubuh.

Tujuan didirikan posko observasi untuk menyaring pendatang.

Apabila ada yang sakit akan langsung diarahkan ke rumah sakit dr. H. Koesnadi Bondowoso. Rencananya posko observasi akan diluaskan ke 5 jalur masuk Bondowoso, yakni di kecamatan Wringin, Maesan, Tamanan, Prajekan, dan Ijen.

Dua, memantau warga yang baru pulang kerja di luar kota, mudik duluan sebelum lebaran serta libur kuliah atau sekolah.

Perkembangan kesehatan mereka selalu dipantau petugas medis dari puskesmas terdekat.

Tiga, memperbanyak kawasan tertib physical distancing atau kawasan jaga jarak.

Kawasan tertib jaga jarak bertujuan mengurangi intensitas interaksi sehingga pola penyebaran virus corona berkurang, khususnya melalui droplet (batuk, bersin, dan berbicara).

Empat, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut serta secara mandiri mencegah penyebaran virus corona khususnya di wilayah masing-masing.

Hal ini bisa dengan sosialisasi (edukasi) tentang wabah covid-19 dan dapat melakukan pembatasan-pembatan khusus untuk akses masuk ke desa, dusun, atau wilayah mereka.

Atau juga penyemprotan cairan disinfektan secara mendiri , seperti dicontohkan oleh Satgas Covid-19 Desa Gotong Royong Cegah Wabah Covid-19 Desa Sumber Salak kecamatan Curahdami Bondowoso.

Kawan tertib physical distancing (jaga jarak) desa Sumber Salak kecamatan Curahdami Bondowoso (ist)

Lima, mendorong pemerintah daerah untuk melengkapi peralatan petugas kesehatan dan tenaga di lapangan seperti masker, alat cuci tangan dan khusus tenaga medis harus lengkap Alat Pelindung Diri (APD) nya.

Enam, Kolaborasi Forum Pemerintah Daerah (Forpimda) dengan legislatif serta masyarakat secara luas untuk bersama menanggulangi wabah covid-19.

Apresiasi untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bondowoso yang mengikhlaskan 3 miliar untuk penanggulangan bencana pandemi virus corona.

Dengan enam langkah tersebut, diharapkan Bondowoso dapat bertahan dari pandemi virus corona dan selanjutnya masuk zona hijau dalam peta sebaran covid-19 di Jawa Timur.

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

Membakar Garam Secara Masal Ampuh Perangi Virus Corona?

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar